Makanan yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol

Salman herbal,- Kali ini saya akan membahasa mengenai Makanan yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol, Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. untuk itu mari kita simak Makanan yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol berikut ini :

Alpukat

Alpukat memang meliki banyak manfaat untuk kesehatan, aplukat mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera anda.

Bawang putih

Bawang putih terlah dipercaya dari jaman dulu hingga sekarang yang mempunyai manfaat terhadap kesehatan jantung. Penilitian menunjukan bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dengan cara mengkonsumsinya secara mentah langsung atau dengan cara di masukan ke salad atau menu makanan lainnya.

Tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Cara mengkonsumsinya baik secara langsung maupun di buat jus ataupun sebagai campuran makanan. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin 50gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita.

Kedelai

Tahu, tempe dan susu kedelai ataupun makanan yang terbuat dari kedelai, dapat di kategorikan sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi. Analisis menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi 25gram protein kedelai per hari (10ons tahu atau 2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% sampai dengan 6%.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah nutrisi yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Coba konsumsi sekitar 2 sendok makan (23 gram) olive oil setiap hari dicampur dengan makanan anda untuk mendapatkan manfaat sehatinya. Anda bisa mencampurkan kedalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan dan sebagai saus untuk roti. Ingat, minyak zaitun tinggi kalori, jadi jangan makan lebih dari jumlah yang disarankan.

Kacang Almond


Almond adalah kacang yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Pertama, almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik sambil menurunkan LDL (kolesterol jahat). Kedua, lemak yang terkandung dalam almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol buruk (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik HDL. Untuk mencapai penurunan 10% kolesterol LDL anda diwajibkan makan di sekitar 73 gram almond per hari.

Seledri

Seledri mengandung sumber antioksidan yang dikelanal bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan selain itu juga bisa membantu mecegah kolesterol tinggi. Anda dapat menjadikan seledri sebagai salah satu makanan penurun kolesterol.

Nah itulah Makanan yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol semoga bermanfaat :)

Baca juga :

0 Response to "Makanan yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Kolesterol"

Posting Komentar