10 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Salman Herbal,- Setiap orang pasti menyukai buah pisang baik anak-anak,remaja,sampai orang tua pun pasti menyukai buah pisang ini. Selain rasanya enak pisang juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Mari kita simak manfaat buah pisang bagi kesehatan :


1. Mencegah penyakit jantung

Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

2. Mengurangi rasa sakit penderita diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, salah satu jenis buah pisang diketahui mampu mengobati sakit diabetes. Pisang ini dikenal dengan nama pisang goroho, dari makassar. Oleh karena itu, buah pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

3. Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

5. Dapat mengobati penyakit anemia

Buah pisang kaya akan zat besi. Zat besi dalam buah pisang dapat meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat menyelamatkan penderita penyakit ini.

6. Membantu proses metabolisme

Gangguan pada sistem pencernaan bukanlah hal istimewa lagi saat ini. Kebiasaan hidup yang penuh jadwal menyebabkan konsumsi makanan pun menjadi tidak teratur dan terkadang minim sekali kandungan serat. Buah pisang merupakan salah satu buah yang kandungan seratnya cukup tinggi dan baik untuk kebutuhan pelumas sistem pencernaan. Anda dapat mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk mendapatkan sistem pencernaan yang baik dan lancar. Konsumsilah buah pisang sebanyak dua kali dalam sehari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 7. Meningkatkan kesehatan ginjal

Kalium pada satu buah pisang seperti yang telah diketahui di atas, sangatlah tinggi jumlahnya. Kandungan kalium ternyata sangatlah bermanfaat untuk membantu kerja ginjal. Sehingga, konsumsi rutin buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

8. Buah pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Siapapun pasti ingin kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Kabar baiknya, hanya dengan mengonsumsi buah pisang semua itu bisa didapatkan.
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

9. Mengobati sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

10. Memperbaiki kondisi mata yang minus

Kesehatan mata sangatlah berkaitan dengan kecukupan vitamin A. Buah pisang diketahui memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Kandungan buah pisang ini yang dapat menyebabkan kondisi mata penderita kelainan minus dapat diperbaiki secara perlahan-lahan. Konsumsilah pisang secara rutin untuk memperbaiki kemampuan penglihatan anda.

Nah itu lah 10 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan semoga bermanfaat :)

0 Response to "10 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar